Senin, 21 Februari 2011

14 Waralaba Lokal Siap Go Internasional

14 Waralaba Lokal Siap Go Internasional

Solo, CyberNews. Empat belas (14) waralaba lokal siap menembus pasa global, tahun ini. Sementara 20 waralaba dipersiapkan untuk tujuan yang sama di 2011. Menurut Ketua Dewan Pengarah Perhimpunan Waralaba Lisensi Indonesia (wali) sekaligus ketua komite tetap waralaba dan lisensi Kadin, Amir Karamoy, waralaba itu antara lain bergerak di sektor kuliner (Resto), spa, dan salon.

Malaysia, Singapura, dan Brunai menjadi tujuan pasti ekspor waralaba tersebut. Sementara Korea Selatan dan negara negara di Afrika masih dalam penjajakan karena masih rumit prosedurnya. "Untuk ekspor waralaba ini disediakan kredit hingga Rp 2 triliun. Mudah-mudahan dalam dua bulan lagi bisa terealisasi, saat ini kita sedang menunggu negosisiasi," kata dia.

Ditemui di sela-sela Central Java Waralaba Fair 2011 di Graha Solo Raya, Jumat (4/2), Amir mengatakan, dengan besarnya jumlah penduduk dan tingginya daya beli masyarakat, Indonesia bisa dibilang pasar potensial waralaba internasional. Banyak perusahaan waralaba asing, terutama negara-negara yang serumpun dan mempunyai kultur yang sama, seperti Timur Tengah, Malaysia dan Brunei Darussalam melirik pasar Indonesia, meski jumlah waralaba asing cukup banyak.

Menurut Amir, setidaknya sudah ada 200 waralaba asing yang beroperasi, terutama di kota-kota besar. Dari 200 unit itu, setidaknya memberi kontribusi sebesar 60 persen dari total penjualan usaha waralaba yang diperkirakan sekitar Rp 100 triliun di 2010. Meski kontribusi hanya 40 persen dalam penjualan, namun jumlah waralaba lokal lebih banyak ketimbang asing.

( Langgeng Widodo / CN14 / JBSM )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar